Ini Solusi Buat Kamu Yang Ngeluh Soal Kuliah

Nisauljanah/Facebok

Lenskeptebo.com, Inspirasi – Ketika memasuki fase dunia kerja kalian baru akan benar-benar menyadari. Masa paling keren adalah masa saat kalian berkuliah. Banyak hal-hal yang dilalui di masa itu. Selain suka, duka tentu juga mewarnai kehidupan selama kuliah.

Bagi penulis, masa kuliah menjadi masa paling bebas berekspresi tanpa takut kantong kering. Uang masih bisa mengandalkan beasiswa dan kiriman orang tua. Bahkan kalian bisa mengikuti organisasi apa pun dan berpetualangan ke mana pun. Uniknya, nggak ada yang namanya kekangan atau kita tunduk pada aturan tertentu. Bahkan kita bisa berdiri di atas kaki idealisme sendiri. Pokoknya kalau masa kuliah itu keren lah.

Namun, kalau ingat masa dukanya. Buat yang hanya mengandalkan uang dari kiriman orang tua, hidup saat kuliah ya harus pas-pasan. Jangankan buat beli skincare ala Korea seperti saat ini, fotokopi buku aja pasti susah. Belum lagi kalau tugas kampus sedang menumpuk dan ada tiba jadwalnya mata kuliah yang nggak disukai. Mana organisasi lagi banyak-banyaknya dalam artian urusi umat.

Setiap hari rapat sampai pulang malam sampai lupa waktu makan. Alhasil, tugas keteteran dan bolos kuliah karena organisasi. Hal itu memunculkan perasaan jenuh. Pernah sih kuliah sambil kerja tapi kalau rutinitas itu – itu saja bakal bosen.

Lalu, Bagaimana denganmu? Apakah juga sempat mengalami masa jenuh? Tenang, buat kamu yang pernah merasa jenuh, ada beberapa tips menghadapinya!

1. Ingat orang tua di rumah

Sejenuh apa pun, coba ingat ada orang tua di rumah yang selalu mendoakan kesuksesanmu. Nggak hanya itu, mereka bahkan bekerja keras agar kamu tetap bisa melanjutkan kuliah. Masihkah kamu merasa jenuh hingga bermalas-malasan buat kuliah?

2. Bikin target dan perencanaan

Dalam memilih suatu jurusan, tentu kamu punya alasan. Dari alasan itu, kamu pasti punya rencana masa depan yang ingin kamu capai. Untuk itu, ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui selama kuliah. Sebagai contoh mengambil organisasi tertentu, menjadi asisten dosen, mengikuti proyek dosen, program magang, dan lain sebagainya.

3. Sadari ini merupakan masa paling menyenangkan

Seperti yang saya sebutkan di atas, masa kuliah adalah masa paling bahagia. Nikmatilah masa ini. Maksimalkan dengan kegiatan-kegiatan positif dan juga membahagiakan. Kelak jika sudah bekerja, untuk melakukannya kamu akan susah.

4. Jangan tunda pekerjaan

Penyebab kegiatan saya berantakan selama kuliah dulu adalah kebiasaan menunda pekerjaan. Jadi, begitu ada tugas, langsung dikerjakan saja. Begitu pula tugas-tugas dari organisasi.

5. Cari yang membuatmu bahagia

Dalam kehidupan perkuliahan, hal yang membuat bahagia setiap orang itu beda-beda. Ada yang bahagia jika berkumpul dengan teman organisasi. Ada juga yang bahagia bila terbenam di balik tumpukan buku perpustakaan. Maksimalkan apa yang membuatmu bahagia dan nyaman tanpa mengesampingkan tanggung jawab utama kuliah, ya.

6. Bikin kegiatan outdoor dengan teman kampus

Kalau rasa bosan itu tetap ada, cobalah melakukan kegiatan luar. Kamu bisa camping, outbound, atau sekadar hangout di luar. Kamu bisa ke pantai, gunung, dan lain sebagainya.

7. Bergabung dengan organisasi baru

Mungkin organisasi yang kamu pilih ternyata kurang sesuai dengan passion-mu. Nah, kamu bisa mencoba organisasi dan perkumpulan baru. Siapa tahu di organisasi yang baru kamu bisa lebih maksimal dan nggak pernah bosan.

Itu dia tips buat kamu biar nggak jenuh saat kuliah. Yuk, dicoba tapi sesuaikan dengan kapasitas masing – masing ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!