Sigombak, Keindahan Terpendam di Tebo

Danau Sigombak Secara Umum

lenskeptebo.com Sigombak adalah suatu nama object wisata danau yang terletak di desa Jambu ( dulunya). Sekarang icon wisata ini menjadi 2 bagian yaitu Ds. Teluk kembang jambu & Ds. Jambu, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Melihat dari akses ke danau ini juga sangat Strategis letaknya, berjarak 30 KM dari kota Muaratebo, atau sekitar 250 KM dari Kota Jambi.

Letak Danau Sigombak juga hanya berkisar sekitar 40 KM dari Kota Bungo dan Sekitar 80 KM dari Kabupaten Darmasraya, Provinsi Sumatera Barat atau sekitar 300 KM dari Kota Padang. Danau Sigombak juga hanya berjarak sekitar 100 KM dari perbatasan Tebo – Riau.

Danau Sigombak memiliki potensi sebagai objek wisata alam yang luar biasa jika dikembangkan lebih lanjut oleh pemerintah daerah, provinsi maupun pusat karena Danau ini memiliki luas mencapai 45 hektar dengan sebuah pulau seluas 15 Hektar yang terletak ditengah danau. Secara Geografis, danau ini memiliki keunikan lain karena bisa dinikmati pemandangan dari atas bukit dan dari bagian bawah danau dan di Sekitar Danau Banyak Tambak Ikan Milik Masyarakat Setempat Sehingga Wisatawan bisa membeli ikan yang ada di tambak atau memancing sendiri di danau sigombak dan ini menjadi daya tarik tersendiri.

Pada tahun 2008, sebuah dermaga sebagai tempat peristirahatan dibangun didanau tersebut. Keterbatasan anggaran pemerintah dan faktor pembangunan prioritas menyebabkan pembangunan objek wisata berjalan lambat. Memang sektor parisiwisata kala itu belum menjadi andalan bagi Provinsi Jambi apalagi Kabupaten Tebo. Dibuktikan dengan banyaknya candi-candi peninggalan sejarah peninggalan kerajaan hindu dan Budha. Banyak dari candi tersebut yang belum dipugar, walaupun ada yang telah dipugar, tapi tidak terawat.

Saat ini Danau Sigombak sudah mulai dikelola dengan baik oleh Pemerintah dan Masyarakat Sekitar. Hal ini ditandai dengan, terlihat Dari Bertambahnya Fasilitas Yang Ada Di Danau Tersebut Seperti Panggung. Untuk Aktifitas Hiburan Dan Peresmian/Pelantikan Unsur unsur Pemerintahan Desa Dan Komunitas Mulai Dialihkan Ke Danau Sigombak.

Meskipun Masih Ada Beberapa Kekurangan Namun Semangat Pemuda/i Tebo Untuk Mengekplorasi dan Mengembangkan Objek Wisata Ini Masih Terus Berlanjut . Sekian Dulu Gambaran Tentang Danau Sigombakini Secara Umum.

4 tanggapan untuk “Sigombak, Keindahan Terpendam di Tebo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!