Wisata Religi di Tebo Ini Layak Kamu List

Masjid Agung Al-Ittihad Muara Tebo
Masjid Agung Al-Ittihad Muara Tebo

Lenskeptebo.com, Muara Tebo – Tidak puas rasanya kalau berkunjung ke luar daerah, tapi  objek wisata dalam Kabupaten Tebo sendiri saja belum habis ditelusuri. Ya, memang tidak pernah ada habisnya jika bicara tentang potensi wisata yang ada di Indonesia. Keberagaman suku, budaya, dan agama menjadi faktor yang membuat Indonesia kaya akan keberagaman.

Kabupaten Tebo yang terletak di Provinsi Jambi sendiri kaya akan wisata religi. Namun tentunya untuk kemajuan dunia pariwisata patut kita dukung bersama. Nah berikut wisata religi ini patut sobat list di daftar wisata kalian ya.

1. Candi Tuo Sumay

Loh, Tebo punya candi ya? Sebenarnya situs Tuo Sumay sudah pernah disinggung untuk dilakukan penelitian sejak tahun 1992. Dalam himpunan makalah Seminar Kerajaan Melayu Kuno tahun 1992 situs Tuo Sumay merupakan satu – satunya wilayah yang masuk list untuk dilakukan penelitian. Namun, hingga saat ini belum dipugar situsnya. Sungguh disayangkan ya sobat Lenskeptebo.com.

Padahal, dugaan sementara berdasarkan dari bentuk dan latar belakang keagamaannya diperkirakan berasal dari abad 7-12 masehi, dan masih ada kaitannya dengan Candi di Muaro Jambi. Dan dilihat dari bentuknya kemungkinan dulunya merupakan tempat peribadatan bagi penganut agama Budha. Candi Tuo Sumay terletak di Desa Tuo Sumay Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

2. Batu Cincin

Batu Cincin terletak di Kelurahan Sungai Bengkal Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. O iya, waktu belajar Sejarah di sekolah sobat Lenskeptebo.com pernah tidak membaca soal animisme dinamisme. Ya, jika pernah membaca soal itu, hampir sama kejadianya di situs Batu Cincin.

Wisata Religi Situs Batu Cincin di Sungai Bengkal
Batu Cincin Sungai Bengkal

Hingga saat ini Situs Batu Cincin masih diyakini memiliki petuah lo. O iya, diduga Batu Cincin ini sudah ada sejak zaman batu dulu sekira era neolitikum. Dan, kemungkinan besar ini adalah tempat untuk menumbuk. Tapi belum diselidiki lebih lanjut ya guys. Did you know? Menurut penuturan juru kunci Batu Cincin, batu cincin merupakan cincin yang dipakai oleh raksasa zaman dahulu dan memiliki kesaktian.

3. Masjid/Mushola

Siapa sih yang tidak mengenal ikonnya Kabupaten Tebo yakni Masjid Agung Al-Ittihad di Desa Bedaro Rampak Kecamatan Tebo Tengah. Madjid yang berada di pinggir Jalan Lintas Tebo-Bungo ini merupakan Masjid terbesar dan termegah di Kabupaten Tebo. Kemudian Masjid Nurul Jalal di Desa Mangun Jayo dan Madjid Iman Bonjol yang berada di Kelurahan Pasar Muara Tebo Kecamatan Tengah Tengah. Selain itu, ada pula masjid tua di Dusun Tuo, Desa Balai Rajo, Kecamatan VII Koto Ilir loh sobat.

4. Mandi Balimau Gedang

Beberapa waktu yang lalu admin Lenskeptebo.com diminta untuk mengabadikan momen tahunan ini loh. Mandi Balimau Gedang setiap satu tahun sekali. Festival ini diselenggarakan di Desa Teluk Kembang Jambu, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo. Bonusnya kalian akan melihat kerennya view Danau Sigombak

Mandi Balimau Gedang Tebo Ulu
Mandi Balimau Gedang Tebo Ulu

Bagi pembaca Lenskeptebo.com apabila tertarik untuk menulis pada portal blogger ini. Adapun kontenya yaitu baik artikel ringan, cerpen, kisah inspirasi, atau promosi daerah kalian dapat menghubungi Admin Lenskeptebo.com ya. Tips untuk mengunjungi tempat – tempat tersebut agar mengajak pemuda setempat ya soalnya belum ada tourguidenya.

Cermin Alam VII Koto Ilir Kabupaten Tebo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!